22koleksi.blogspot.com

Pengertian Trypophobia dan Terapi Trypophobia

Assalamualikum. Wr. Wb


Pengertian Trypophobia dan Terapi Trypophobia - Setelah barusan melihat foto wanita yang sedang duduk, dipenuhi dengan lubang-lubang kecil di bagian tangan dan kaki, setelah gue cari-cari tentang lubang-lubang kecil, eh nemu artikel tentang sakit phobia yaitu trypophobia.

Apa itu trypophobia? Apakah Anda seorang trypophobic? bagi anda yang belum mengetahui trypophobia ulasan dibawah akan menjelaskannya dan diteruskan dengan penanganan untuk mengatasinya.

Apa itu trypophobia?
Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena. Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris. Jika anda merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai, gelembung, atau terumbu karang bisa jadi anda menderita trypophobia.
Kebanyakan penderita trypophobic mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

Lubang kecil pada pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associationa Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

dari merdeka.com bahwa gejala yang timbul kemungkinan besar berasal dari rasa jijik yang timbul akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.
Jika anda seorang yang merasa menderita trypophobia maka berusahalah menghilangkan pikiran tersebut. Namun jika memang sangat diperlukan, anda bisa coba salah satu terapi berikut:

Terapi trypophobia
Seperti halnya jenis phobia lainnya, trypophobia bisa diobati. caranya antara lain

Terapi Perilaku
menjalani terapi memungkinkan seorang individu untuk berubah dan mampu mengontrol perilaku yang tidak diinginkan. Melalui terapi, orang bisa belajar bagaimana mengatasi trypophobia terutama ketika mereka melihat lubang-lubang kecil.

Terapi Kognitif
tujuan terapi ini kepada orang-orang trypophobic adalah untuk mengubah pola berpikir ketakutan yang tidak produktif. Penderita meneliti perasaan mereka kembali dan berusaha untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak.

CBT atau Cognitive Behavior Therapy
ada beberapa terapis yang menggunakan campuran dari dua terapi diatas untuk menyembuhkan trypophobia. Penderita diajari keterampilan pemulihan yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

NLP atau Neuro-Linguistic Programming
dalam metode ini, orang yang terkena trypophobe pikirannya dalam melihat sesuatu diprogram ulang untuk mengurangi fobia. Ini jenis intervensi yang cepat dan efisien dalam menyembuhkan trypophobia. Selain itu, keterlibatan yang juga langsung dan mudah untuk diaplikasikan.

Jika Anda berpikir Anda memiliki rasa takut terhadap lubang-lubang kecil atau trypophobia, lebih baik bahwa Anda menjalani salah satu perawatan yang disebutkan di atas untuk mengatasi fobia kecemasan yang Anda miliki.

Berikut Gambar Buat TES Trypophobia :

Sumber : tipskesehatanlengkap.com

22koleksi.blogspot.com

About 22koleksi.blogspot.com -

22koleksi ini dibuat untuk menampung semua koleksi-koleksi artikel yang pernah admin baca, mulai dari tentang Teknologi, Kesehatan, Religi(Agama), Olahraga, atau pun berita berita yang sedang rame rame nya diberitakan.

Subscribe to this Blog via Email :
Comments
0 Comments